Thursday, 24 January 2019

Kuliah PPG Tugas Modul 2.1 Kompetensi Guru

Tugas              : Modul 2. KB 1.1 Analisis Video Kompetensi Guru

Berikan pendapat Ibu/Bapak atas tayangan video tesebut dan bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad ke-21 ini?



Pendapat penulis dalam video tersebut menunjukkan adanya kemudahan siswa untuk mengakses informasi atau sumber belajar dengan menggunakan gadget (teknologi) baik di dalam dan di luar kelas. Kemudahan ini tentu saja memberikan dampak positif, di antaranya siswa memiliki banyak sumber belajar yang faktual untuk proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa. Hal ini merupakan peranan penting yang harus dimiliki oleh guru. Kemampuan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran serta melaksanakan pembelajaran di kelas dan di lapangan. Kecanggihan teknologi tersebut mampu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh guru, siswa, dan orang tua dalam mengakses, menulusuri, dan mengolah data untuk perkembangan belajar anak tersebut.

Tayangan video tersebut memperlihatkan siswa abad ke-21 memiliki keunggulan dalam mengakses sumber belajar, selain guru. Karena itu, guru harus mampu meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar selaras dengan perkembangan teknologi. Salah satu kompetensi guru adalah kompetensi pedagogic. Di sini guru harus mampu dalam mengelola pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi.

Guru abad ke-21 dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan kelas dengan efektif, tetapi juga dituntut untuk mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah, menggunakan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu pengajaran, serta melakukan refleksi dan perbaikan praktik pembelajarannya secara terus menerus (Darling, 2006).  Selain itu, hal tersebut juga memiliki dampak bahwa guru harus mampu mengubah pola pembelajaran  konvensional  yang  berpusat  pada  guru  (teacher  centred)  menjadi pembelajaran  yang  berpusat  pada  siswa  (student  centred)  karena abad ke-21 menyediakan  sumber  belajar sangat  melimpah dan  bukan  hanya  bersumber pada  guru.  Peranan   guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai  fasilitator, mediator, dan motivator sekaligus leader dapat diwujudkan dalam pembelajaran di abad ke-21 ini.

Pengembangan profesi  guru  dari  aspek  kemampuan  pedagogik  perlu ditingkatkan  dengan  berbagai  strategi  dan  bentuk  kegiatan.  Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas dan harus mampu melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: