Tugas : Modul 2. KB 1.1 Analisis Video Kompetensi Guru
Berikan pendapat Ibu/Bapak atas tayangan video tesebut dan bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad ke-21 ini?
Pendapat penulis dalam video tersebut menunjukkan adanya kemudahan siswa untuk mengakses informasi atau sumber belajar dengan menggunakan gadget (teknologi) baik di dalam dan di luar kelas. Kemudahan ini tentu saja memberikan dampak positif, di antaranya siswa memiliki banyak sumber belajar yang faktual untuk proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa. Hal ini merupakan peranan penting yang harus dimiliki oleh guru. Kemampuan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran serta melaksanakan pembelajaran di kelas dan di lapangan. Kecanggihan teknologi tersebut mampu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh guru, siswa, dan orang tua dalam mengakses, menulusuri, dan mengolah data untuk perkembangan belajar anak tersebut.
Tayangan video tersebut memperlihatkan siswa abad ke-21 memiliki keunggulan dalam mengakses sumber belajar, selain guru. Karena itu, guru harus mampu meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar selaras dengan perkembangan teknologi. Salah satu kompetensi guru adalah kompetensi pedagogic. Di sini guru harus mampu dalam mengelola pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi.
Guru abad ke-21 dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan kelas dengan efektif, tetapi juga dituntut untuk mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah, menggunakan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu pengajaran, serta melakukan refleksi dan perbaikan praktik pembelajarannya secara terus menerus (Darling, 2006). Selain itu, hal tersebut juga memiliki dampak bahwa guru harus mampu mengubah pola pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (teacher centred) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centred) karena abad ke-21 menyediakan sumber belajar sangat melimpah dan bukan hanya bersumber pada guru. Peranan guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai fasilitator, mediator, dan motivator sekaligus leader dapat diwujudkan dalam pembelajaran di abad ke-21 ini.
Pengembangan profesi guru dari aspek kemampuan pedagogik perlu ditingkatkan dengan berbagai strategi dan bentuk kegiatan. Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas dan harus mampu melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
0 komentar: