KERANGKA PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Nama : DekBayok
Karena keterbatasan waktu dan tenaga pendidik, pembelajaran komputer diberikan secara klasikal. Satu kelas belajar sekaligus di ruang komputer yang berisikan sepuluh unit komputer. Karena itu, proses pembelajaran dalam satu unit komputer diisi dengan dua hingga tiga siswa.
2. Judul Penelitian
Peranan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Ruang Komputer SMKS SEMUA BISA
3. Rumusan Masalah
Apakah teknik pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMKS SEMUA BISA ?.
4. Pertanyaan Penelitian
a. Apakah penggunaan peranan tutor sebaya pada pembelajaran TIK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?
b. Apakah penggunaan peranan tutor sebaya pada pembelajaran TIK dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa ?
c. Bagaimana pendapat siswa tentang pembelajaran dengan peranan tutor sebaya pada pembelajaran TIK ?
5. Anggapan Dasar
a. Guru mampu melaksanakan pembelajaran TIK dengan menggunakan teknik tutor sebaya
b. Penggunaan teknik tutor sebaya cocok digunakan pada pembelajaran TIK
6. Hipotesis Tindakan
a. Penggunaan teknik tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
b. Penggunaan teknik tutor sebaya dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa
c. Pendapat siswa tentang penggunaan teknik tutor sebaya pada pembelajaran TIK, positif
7. Subjek Penelitian
Siswa SMKS SEMUA BISA kelas X-MM sebanyak 28 orang pada semester genap tahun ajaran 2016-2017
8. Butir-butir Studi Literatur
a. Hakekat Siswa
b. Teknik Tutor Sebaya
c. Soal - soal komputer dan informasi
d. Hasil penelitian yang relevan
9. Intrumen Penelitian
a. Wawancara
b. Observasi
c. Dokumentasi
d. Tes Formatif
e. Kuisioner
10. Pelaksana Tindakan
Pembelajaran dilakukan dengan cara siswa dibagi kedalam beberapa kelompok kerja. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang, sehingga pada setiap kelas terdiri dari 4-5 orang tutor. Ketua kelompok sebagai tutor dipilih langsung oleh guru setelah memperhatikan siswa-siswa mana saja yang memiliki kemampuan cepat dalam menangkap pelajaran TIK, dan dapat membimbing rekan-rekannya dalam mengerjakan latihan atau tugas yang diberikan oleh guru.
11. Teknik Analisis Data
Data hasil observasi, angket, dan tes (ketuntasan) dianalisis dengan menggunakan skor dan persentase kemudian disajikan dalam bentuk diagram bata
silahkan tinggalkan komentar, untuk membangun website kami lebih baik lagi.. terima kasih
sumber gambar : https://www.sekolahdasar.net/2015/06/13-kelemahan-guru-dalam-mengajar-dan-solusinya.html
0 komentar: